..:: Tanpa Memilih ::..

Rabu, 15 Oktober 2008

Usman dan Harun

Inilah kisah dua patriot Indonesia dari Korps Marinir (KKO) yang dihukum gantung di Singapura, 17 Oktober 1968. Sersan Anumerta KKO Usman alias Janatin bin Haji Muhammad Ali dan Kopral Anumerta KKO Harun alias Tohir bin Mandar. Mereka pejuang dan pahlawan bangsa yang pamrih menyabung nyawa dalam tugas pengabdiannya demi kepentingan bangsa dan negara. Sebagai penghargaan, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Sakti dan mengangkat keduanya sebagai Pahlawan Nasional.


Berikut ini, kisah kedua patriot bangsa ini, sebagaimana dikirimkan Lettu Marinir Sutrisno, e-mail: marinir@dnet.net.id ). Dimulai dari masa kecil, saat memasuki dunia militer, pertemuan keduanya dalam operasi dwikora, saat memasuki wilayah Singapura, gagal kembali ke pangkalan, tertangkap dan proses peradilan hingga dihukum gantung.

Berangkatlah wahai pahlawan-pahlawan Indonesia, kepergianmu sangat mengharukan, kami semua rela melepasmu. Kami panjatkan doa semoga engkau diterima di sisi-Nya. Jasamu tetap akan kami kenang selama-lamanya.

Tidak ada komentar:

..:: Jangan Pernah ::..